Jumat, 08 April 2016

Manfaat buah anggur merah yang harus kita tahu

Manfaat buah anggur merah yang harus kita tahu

Manfaat buah anggur merah untuk kesehatan, - Anggur adalah tanaman herba yang merambat yang termasuk dalam family atau keluarga Vitaceae. Buah anggur sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratrol yang aktif dalam metabolisme tubuh, serta untuk mencegah pembentukan sel kanker dan penyakit lainnya. Hal ini juga terkait dengan keberadaan metabolit sekunder, senyawa dalam buah anggur bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas

Tanaman anggur telah dibudidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah. Namun, pengolahan buah anggur menjadi  minuman anggur pertama kali ditemukan pada 2500 SM oleh bangsa Mesir. Pengolahan buah anggur kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, mulai dari Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.

Anggur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.Secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen glukosa sedangkan 10 persen lainnya adala asam galat, glukosida, Asam fosfat, mangan, besi, vitamin, kalsium.

Senyawa lain seperti polifenol dan zat resveratrol yang terdapat dalam buah anggur kita kenal sebagai antioksidan  yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh, serta mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Manfaat buah anggur merah

Manfaat anggur merah tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Selain buahnya, kulit anggur juga mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan resveratrol adalah senyawa yang sumbernya dari flavanoid, quercetin, katekin, antosianin dan juga prosianidin. Kandungan-kandungn tersebut sangat ampuh dalam mencegah penyakit kanker dan penyakit lainnya..

Berikut ini beberapa manfaat buah anggur merah untuk mengatasi berbagai kesehatan.


  1. Manfaat anggur merah mencegah penyakit jantung

    Makan buah anggur merah secara rutin akan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, akan menghambat pembekuan darah serta menurunkan resiko terhadap penyakit jantung.
    Kandungan antioksidan yang terdapat dalam anggur juga berfungsi menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah. LDL merupakan kolesterol jahat dalam darah, yang dapat mengendap dalam  dinding pembuluh darah  akan menyebabkan penyempitan bahkan penyumbatan pada pembulun darah.
  2. Manfaat anggur merah mencegah kanker payudara

    Setiap hari mengonsumsi anggur merah akan mencegah resiko terkena kanker payudara. Hal ini di sebabkan karena , kandungan resveratrol dalam anggur merah sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan tumor dan kanker, termasuk kanker payudara.
  3. Manfaat anggur untuk ginjal

    Buah anggur merupakan pembersih darah dari berbagai racun sehingga bermanfaat untuk membuang zat asam dalam ginjal, menjadikan kesehatan ginjal tetap terjaga dan bekerja secara maksimal. 
  4. Anggur untuk diabetes

    Buah anggur mengandung glukosa yang seharusnya dihindari penderita diabetes. Namun anggur memiliki kandungan gula alami yang dapat mencegah tubuh menyerap glukosa dengan cepat dan mengandung serat yang cukup sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

    Dalam penelitian lain menyebutkan mengonsumsi makanan yang mengandung flavanoid, mengatur kadar insulin. Selain mengatur kadar gula, flavanoid yang terdapat dalam anggur merah juga nermanfaat mencegah peradangan kronis.
  5. Untuk mencerahkan kulit

    Banyak penelitian menyebutkan bahwa zat resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit.

    Mengkonsumsi buah anggur secara rutin juga dapat membantu menghilangkan kerutan-kerutan di wajah, ini merupakan cara perawatan kecantikan alami dari dalam, karena anggur kaya akan kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan.
    Cara lain untuk mendapatkan wajah yang cantik adalah dengan memanfaatkan minyak biji anggur, caranya dengan mengoleskan minyak biji anggur disekitar kerutan pada kulit
  6. Anggur untuk kesehatan gigi

    Ternyata buah anggur juga bermanfaat untuk memutihkan gigi, karena buah anggur mengandung asam malat yang berguna menghilangkan noda-noda pada gigi.
    Cara memutihkan gigi dengan buah anggur adalah dengan menggosok-gosokan buah anggur pada gigi, lakukan hal ini sebelum menyikat gigi secara rutin setap agar jauh dari sakit gigi.

Demikianlah ulasan manfaat anggur merah untuk kesehatan tubuh semoga bermanfaat bagi kita semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar